Home > Uncategorized > Kampus FIK UI Depok Terancam dipindahkan……… !!

Kampus FIK UI Depok Terancam dipindahkan……… !!

Kampus Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIKUI) Depok yang selama ini digunakan sebagai pusat kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa keperawatan di Universitas Indonesia kini terancam dipindahkan. Sebelum aktifitas perkuliahan di Kampus UI Depok, kampus FIK UI berada di Salemba dan bangunan yang berada di Kampus FIK UI  Depok dibangun  dengan menggunakan dana yang digalang oleh para Alumni, karena pihak Universitas Indonesia hanya menyediakan lahan,  sejak tahun awal berdirinya sudah banyak lulusan dan aktifitas yang dilahirkan di Kampus UI Depok sehingga keberadaan gedung dan fasilitas didalamnya merupakan milik alumni FIK UI sehingga kalau kampus FIK UI dipindahkan sangat disayangkan tutur  Ibu Tien Gartina sebagai salah seorang senior keperawatan di Indonesia disela pertemuan di konsorsium ilmu kesehatan Salemba UI.

Hal Senada diungkapkan oleh ibu Dewi Irawati, Phd, sebagai dekan di FIK UI Depok,  beliau sudah melakukan berbagai upaya untuk tetap mempertahankan keberadaan kampus FIK UI Depok dimana Gedung yang saat ini berdiri, dan terus melakukan pendekatan ke pihak rektor.

MENGAPA KAMPUS FIKUI DEPOK INGIN DIPINDAHKAN …….????

Jawabanya adalah di dekat (disamping) lahan bangunan FIK UI Depok saat ini akan dibangun rumah sakit universitas Indonesia (RS UI), sehingga pihak Fakultas Kedokteran UI (FK-UI) yang ada di Salemba mengatakan yang berhak berada disamping RS UI Depok adalah FK UI sehingga FIK UI harus dipindahkan.

Suatu hal yang sangat ironis dan disayangkan ……………!!

Bagaimana Tanggapan saudara, apa yang perlu dilakukan oleh pihak FIK UI dan bagaimana sebaiknya peran alumni FIK UI menyikapi hal ini ?………

Tuliskan masukkan dan pemikiran anda disini, semoga komentar anda memberikan solusi. TULISAN YANG ADA DI BLOG INI AKAN DITERUSKAN KE PIHAK KAMPUS

Categories: Uncategorized
  1. ria ulina
    April 20, 2010 at 3:55 pm

    Saya sangat sangat tidak setuju FIK UI dipindahkan,apalagi dgn alasan seperti itu.. Apakah FK sebegitu besar kuasanya utk mengatur hal tersebut? Bah, angkuh sekali.
    Saya harap pihak FIK dapat mempertahankan hak FIK, dan saya yakin segenap akademika dan alumnus FIK akan sangat mendukung hal ini.

  2. Rahajeng Rakhma Cahyani
    April 20, 2010 at 4:22 pm

    asswrwb..saya sebagai alumni yang dibesarkan fik ui dan mencari ilmu dari fik ui tidak setuju jika FIK UI “digusur” begitu saja..saya dan teman2 sudah merasakan kuliah bolak balik salemba-depok waktu gedung ini belum jadi..mulai gedung ini dibangun hingga berdiri tegak kami pun ikut menjadi saksi..kalau mau di gusur, lalu nasib para mahasiswanya bagaimana..mari kita pertahankan FIK UI..

  3. April 20, 2010 at 4:24 pm

    sedihnya jika hanya karena alasan ‘ yang berhak berada disamping RS UI Depok adalah kampus FK-UI ‘ akhirnya kampus FIK-UI harus dipindahkan….

    sebaiknya diadakan musyawarah dulu bersama2, baik dari kedua belah pihak.. sama2 mendengar pendapat satu sama lain hingga tak berat sebelah.. insya Allah..

    kampusku… bertahanlah…..

  4. grace erlyn
    April 20, 2010 at 4:32 pm

    Saya sangad tidak setuju jika FIK UI dipindahkan, mengingat pejuangan para alumni dan civitas akademika FIK UI yg telah berjuang sampai akhirnya FIK UI berdiri dengan fasilitas seperti sekarang ini. Menurut saya alasan pemindahannya pun sdkt tidak masuk akal. Knp jika RS UI akan dibangun di samping FIK UI, itu menjadi alasan bahwa FIK harus dipindahkan??
    sy harap pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini dapat berpikir jernih dan tidak menggunakan ego dan mementingkan diri sendiri..
    Sy dan para alumni FIK UI akan terus mendukung pihak FIK UI..

  5. April 20, 2010 at 4:50 pm

    sepakat, sebaiknya didiskusikan bersama, alasan tsb sangat tidak rasional….bagaimana jika yang ada diposisi itu adalah FK UI? apakah mau dipindahkan?

  6. dwi purbawa putra
    April 20, 2010 at 5:15 pm

    Sudah menjadi nilai mutlak bahwa fik ui depok tidak boleh dari tempatnya sekarang.
    Gedung kuliah tersebut dibangun dengan keringat dan perjuangan para akademisi dan alumnus fik ui.
    Jika memang ada profesi lain yang menganggap bahwa fik ui tidak pantas berdekatan dengan RS UI,maka profesi tersebut harus memperbaharui pengetahuan dan pandangannya terhadap profesi perawat.
    Jika memang profesi lain tersebut tetap beresi keras meminta fik ui depok pindah..
    Berarti profesi tersebut harus siap berhadapan dengan seluruh alumnus fik ui dan para akademisinya.
    jangan gentar teman sejawat,ini tidak sekedar permasalahan gedung dan tanahnya..tetapi sudah menyinggung prinsip dan martabat profesi..

  7. rahadian bramandito widagdo
    April 20, 2010 at 8:47 pm

    Salam sejahtera.
    Segitu leganya UI, dengan luas berhektar-hektar, emang harus ya dibangun RS UI di samping FIK UI?
    Coba pihak rektorat berikan kami alasan logis kepada kami para mahasiswa,khususnya kepada para mahasiswa FIK UI, mengapa harus disamping FIK UI dibangunnya?
    Terima kasih.

  8. marina Ruran
    April 21, 2010 at 3:09 am

    saya setuju dengan beberapa teman alumni lainnya..
    kampus UI sangat luas jadi tidak perlu menggusur FIK atau bangun saja di area lain di kampus UI depok..
    FIK kan juga bagian dari fakultas yg akan menghasilkan tenaga kesehatan dimana dokter tanpa perawat tidak akan bisa merawat pasien dengan maksimal begitupun sebaliknya. saya rasa tidak terlalu berat apabila FK dibangun di lokasi lain asalkan masih di kawasan kampus UI Depok, perawat saja bisa bolak balik depok-salemba naik kereta berdesak-desakan. area kampuspun ga macet n kalo ga punya kendaraan pribadi ada bus kuning (tapi jarang sih dokter yang ga punya kendaraan pribadi).
    mohon pertimbangannya
    terima kasih

  9. April 21, 2010 at 4:15 am

    ky satpol pp aja main gusur,seharusnya pihak ui sdh bs merencanakan sejak awal dimana RS UI akan dilokasikan jd tdk gusur2 fakultas.sy sangat tdk setuju dng rencana tsb.betul tanah UI msh luas,bangun saja RS dilokasi lain dan silahkan bangun jg FK disebelahnya tp jangan gusur FIK.

  10. dwi purbawa putra
    April 21, 2010 at 4:28 am

    Mohon maap,saya ralat coment saya 20 april at 5:15pm pada baris kedua karena salah pengetikan:
    “Tidak boleh dari tempatnya skrang”
    Maksud saya “tidak boleh pindah dari tempatnya skarang”
    Semoga tidak terjadi salah persepsi.terimakasih.

  11. farida
    April 21, 2010 at 7:12 am

    Ya Allah, ternyata sebegitu parahkah kondisi yang terjadi sekarang, bagaimana pihak kampus yang notabene di dalamnya terdiri dari orang-orang berpendidikan tinggi seperti itu bisa dengan mudahnya akan mengambil hak dari pihak kampus FIK. apakah mereka tidak bisa berpikir untuk lebih menghargai kerja keras dan perjuangan para alumnus FIK. dengan alasan yang diungkapkan bahwa yang berhak berdiri tegak di samping RS UI adalah FK UI, saya pikir itu adalah alasan yang sangat tidak logis sama sekali. apakah yang berhak berada di dekat RS itu hanya FK UI? lalu dianggap apakah kita??? apakah kita bukan salah satu bagian dari ui yang nantinya juga akan dibutuhkan untuk membangun perkembangan RS UI???? kalau tidak ada perawat di RS, apakah RS akan dapat berdiri tegak dan berkembang??? jawabannya tentu saja TIDAK….!!!!!
    setelah bertahun2 FIK berjuang mendirikan kampus tercinta, kini dengan mudahnya “mereka” mengatakan hal tersebut, dengan kata lain mengusir kita dari rumah kita sendiri.
    kenapa “mereka” harus seperti itu, bukankah sudah disediakan lahan khusus di kampus ui depok untuk membangun gedung mereka??? toh, masih sama dalam 1 wilayah, kampus ui depok……saya pikir mereka hanya mau enaknya sendiri saja, lihat saja kampus kita sudah berdiri kokoh, nyaman, indah, dan tertata rapi….kalau mereka menempati kampus kita, sudah pasti mereka akan sangat nyaman karena tidak perlu repot2 membangun gedung lagi, tinggal duduk tenang saja……
    para pejabat rektorat yang terhormat, mohon dikaji lagi mengenai masalah ini, sudah pasti jawaban dari masalah ini adalah kampus FIK tetap berada di tempatnya, dan FK membangun gedungnya di lahannya sendiri yang telah disediakan. tidak ada istilah siapa yang lebih berhak berada di dekat RS, karena pada dasarnya semua fakultas berhak berada dalam tempat dan wilayahnya masing2. saya pikir pihak2 yang ingin memindahkan kampus fik dengan semena-mena menunjukkan bahwa mereka adalah pihak2 yang sangat egois dan hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri.

  12. Nevy Mandasari
    April 21, 2010 at 9:33 am

    Maksud disini di gusur itu di ratakan dengan tanah atau gedung FIK UI akan menjadi milik FKUI? Kalau memang di gusur benar-benar di ratakan dengan tanah, FIK UI mungkin bisa meminta uang pengannti yg 10 kali lebih besar, karena mengingat waktu pembuatannya pun sangat memakan waktu. Kemudian FIK UI meminta agar dapat juga di sandingkan dengan RSUI, sehingga kalau memang benar-benar di rombaks ecara total denah menjadi seperti: RSUI ditengah, FIK UI samping kiri, FKUI samping kanan. Hal ini kalau memnag sudah benar-benar tidak ada jalan keluarnya lagi dan alot.

  13. Nevy Mandasari
    April 21, 2010 at 9:35 am

    Untuk saudara R.B. Widagdo :

    Saya pernah mendengar mengapa alasannya adalah karena lahan di balik FIK UI itu memudahkan akses langsung menuju jalan raya Margonda, sehingga RS UI tidak ahanya bisa diakses dari dalam UI namun bisa juga langsung dari luar jalan raya Margonda

  14. ismiyati
    April 21, 2010 at 9:43 am

    Sebagai alumni FIK, saya sangat tidak setuju FIK dipindahkan dari tempatnya sekarang hanya karena alasan yg berdasarkan ego dari sebuah profesi, yg katanya teman sejawat…
    kalau mau melihat dari segi persentase, profesi perawat adalah profesi yg mendominasi rumah sakit bukan??! kalau begitu FIK juga berhak dong berada di samping RS UI…
    Tolong untuk rekan sejawat yg katanya menghargai profesi perawat, profesi kesehatan manapun berhak untuk berada dekat dengan RSUI karena rumah sakit itu isinya gak cuman satu profesi kan?!! Dan tolong hargai usaha para akademisi dan mahasiswa FIK yg sudah membangun gedung ini dengan darah dan keringat mereka.

  15. imelda_avia
    April 21, 2010 at 10:03 am

    Asw. SAya sedih sekali mendengar berita ini. Tolong sebelumnya dikonfirmasi yang memberikan statment bahwa kampus FIK depok akan dipindahkan supaya tidak jadi kontroversi..Kita perjelas dulu siapa nara sumber yang bicara seperti itu?alangkah indahnya bila FIK dan FK UI bisa bekerja sama tanpa harus yang satu merasa lebih tinggi atau rendah toh kita masih dalam satu bidang yaitu kesehatan. Tujuan kita pun sama yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya. Mohon untuk diperjelas beritanya karena saya baca tidak ada narasumbernya. Maaf bila saya sedikit tegas karena berita yang tidak jelas sumbernya dan menimbulkan persengketaan itu melanggar hukum. Apalagi ini seakan-akan bersifat provokatif. Terima kasih

    • April 23, 2010 at 4:16 pm

      terimakasih rekan Imelda, tulisan ini bukan tulisan provokatif, namun kami yakin yang membacanya pasti akan terprovokatif apalagi kalau yang membacanya alumni FIK UI, tapi itulah adanya situasi FIK UI saat ini, untuk nara sumbernya yang pasti adalah dari Ibu Dekannya FIK UI, tulisan ini kami tampilkan untuk memanggil jiwa alumni untuk mendukung beliau (Dekan red) dalam mempertahankan keberadaan FIK UI pada posisi atau ditempat saat ini “bukan untuk dipindah-pindahkan seperti dulu waktu di Salemba” kata bu Tien Gartina. Galang suara alumni sampaikan aspirasi Alumni langsung ke Dekan. atau undang para Alumni untuk menulis sebanyak-banyaknya di blog ini, karena blog ini disimak oleh beliau (dekan FIKUI red). terimakasih

  16. rahmani sakina
    April 21, 2010 at 1:03 pm

    saya sebagai alumni fik ui sangat tidak setuju jika kampus fik ui digusur begitu saja.. kampus yang sudah dibangun dengan keringat akan digusur hanya karena ad pihak lain yang ingin berada dekat dengan RS UI..itu benar2 hal yang sangat egois.. kami mahasiswa fik sudah berkorban untuk kuliah di 2tempat yang berbeda salemba depok,sebuah perjuangan yang tidak mudah..kami menjadi saksi perjuangan kampus hingga berdiri tegak seperti sekarang.. apakah orang2 yang ingin menggusur kampus kami tidak mempunyai nilai kemanusiaan???FIK UI SEMANGAT BERJUANG

  17. lydia inggrid
    April 22, 2010 at 3:20 am

    saya pikir kita adalah manusia2 yang berakal sehat dan bisa berpikiran jernih,,,,selesaikan masalah ini dgn baik2 tanpa ada salah satu bagianpun yg merasa dirugikan,,,

  18. sapte yanti
    April 22, 2010 at 11:41 am

    FK bener2 mau nunjukkin seberapa besar kekuasaannya ke kita mentang2 dia itu fakultas tertua sedangkan FIK fakultas termuda. Pokoknya FIK jangan sampai menyerah begitu aja dengan tekanan FK, sebodo amat mau alasannya karena ada rumah sakit di sebelah FIK atau apalah, lho kan bukan salah FIK juga klo rumah sakit mau dibangun di samping FIK..seenaknya ngusir fakultas lain, emang kebiasaan enak ga mau berjuang..kesian banget deh lo FK

  19. ega
    April 23, 2010 at 6:45 am

    assalamu’alaikum wr. wb.
    sangat tdk bijaksana jika hanya krn alasan FK merasa lbh berhak berada disamping RS UI, sebagai sesama praktisi kesehatan,menurut saya perawat khususnya warga FIK UI jg memiliki hak yang sama, apalagi dengan main geser lahan kampus FIK UI…benar-benar tdk etis. Seharusnya diambil jalan damai saja, dimusyawarahkan dahulu, bukankah masih banyak lahan kosong di UI depok?? daripada menggusur yang sdh ada, lbh baik FK UI membuat gedung baru, lbh etis dan efisien. Kaum terpelajar, gunakanlah otak & hatimu dengan bijaksana…salam perjuangan!!!!!

  20. W. Riyanto
    April 24, 2010 at 5:55 am

    Info akan tergusurnya gedung kuiah banar adanya, saya mendapat informasi langsung dari Ibu Dekan
    Sebagai alumni saya sangat menyayangkan (TIDAK SETUJU) bila info itu benar terjadi, apalagi ada kata-kata yang paling pantas di samping RS UI adalah FK.
    Mari kita galang kebersamaan dalam menggagalkan penggusuran Kampus Tercinta FIK.

  21. icha
    April 24, 2010 at 8:32 am

    Assalamu’alaikum, wr.wb
    Saya setuju dengan rekan2 lainnya diatas, saya juga termasuk yang ikut merasakan perjuangan kampus FIK UI di bangun dan kami sebagai mahasiswa pada saat itu juga merasakan kuliah yang berpindah tempat tiap semesternya depok dan salemba dari gedung A yang kecil sekarang mempunyai Gedung B yang besar dan megah serta fasilitas lainnya yang sedang dilanjutkan. Dimana HATI NURANI ORANG PARA PETINGGI FK-UI DAN JUGA UI SEBAGAI INDUK DARI SEMUA FAKULTAS?? yang dengan sangat gampangnya menyatakan “YANG BERHAK BERADA DI SAMPING RSUI ADALAH FKUI” MANIS SEKALI KALIMAT ITU..!!! dan KENAPA DAHULUNYA UI MENYEDIAKAN LAHAN TUK KAMPUS FIK DITEMPAT SEKARANG?? TIDAK ADAKAH PEMIKIRAN SEBELUMNYA BAKAL DIBANGUN RSUI DAN FKUI?? apakah FK benar2 sebuah fakultas yang paling mendominasi RS? mampukah FK bekerja sendiri menangani pasien tanpa FIK? siapakah yg 24 jam dengan pasien? FK kah atau FIK? darisana seharusnya FK dan UI paham bahwa FIK dan FK berhak berada disamping RSUI. jangan EGOIS dong… maunya enak aj…, kenapa UI berlaku lunak dengan FK kasi juga dong FK “hanya” lahan biar mereka juga bisa kreatif bangun gedung dengan biaya sendiri jangan FIK yang digusur demi FK. UI ga mau kan ada perang saudara antar fakultas FK dan FIK?
    Tolong dong Pak/Buk yang berada diatas lebih bijak menanggapinya jangan mementingkan kepentingan satu kelompok hanya karna alasan yang ga masuk akal dan remeh!!! masa c ada berita di televisi “mhsw FIK demo karna gedungnya digusur UI demi FKUI dikarenakan yang berhak berada disamping RSUI adalah FKUI dan FIK ga berhak!!” Cape d…
    KAMI SANGAT BANGGA KULIAH DI UI JANGAN SAMPAI KEBANGGAN KAMI JADI HILANG HANYA KARENA KEBIJAKAN/SISTEM YANG GAK JELAS DI UI…
    Bu Dekan maju terus kami mendukung Ibu mempertahankan Gedung FIK depok…
    dan semangat saudaraku kita bersatu memperjuangkan..!!
    Wa’alaikumsalam. Wr.Wb

  22. yowel kambu
    April 25, 2010 at 4:11 am

    Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita sekalian(segenap sivitas akademika FIK UI)…..!
    mewakili mahasiswa dan alumni FIK UI dari Indonesia Timur (Papua) saya menyampaikan keprihatinan yang sedalam2nya dan pernyataan TIDAK SETUJU kepada pihak UI atas akan dipindahkannya kampus tercinta FIK UI hanya karena ingin membangun RS UI & FK UI di lahan “kampus FIK UI”.

    Kami mempertanyakan beberapa hal sebagai berikut kepada pihak UI :
    1. Sejauh mana pelaksanaan “Master Plan” Pembangunan Kampus UI selama ini ? apakah pengembangan Kampus dengan menempati lahan “kampus FIK UI” itu sudah efisien dan sesuai, atau memang ada kepentingan kelompok tertentu ?
    2. Kalo memang tetap dibangun, apakah kampus FIK UI tidak layak bersanding dengan FK UI berdekatan di RS UI tersebut ? (karena SDM profesi perawat juga merupakan bagian integral penting tim kesehatan lain (a.l. profesi dokter) yang bekerja optimal untuk pelayanan kesehatan kepada pasien)
    3. Dengan kerendahan hati kami memohon kepada pihak rektorat, dalam hal ini kepada yang terhormat Bapak Rektor sebagai penanggung jawab utama pengelolaan UI untuk meninjau kembali rencana pengembangan kampus dengan akan dibangunnya RS FK UI. Kami sebagai mahasiswa FIK UI asal Papua merasa lahan dimana “institusi FIK UI” sekarang ada telah representatif dan banyak berkontribusi bagi pembangunan SDM Perawat Profesional (khususnya kami dari Papua)selama ini. Jika tetap bersikukuh untuk melakukan pembangunannya, tolong berikan kami alasan yang lebih rasional (jangan seperti pernyataan diatas !!!) dan kemana lagi “kampus FIK UI” akan direlokasi, dan sudahkah tersedia bangunan yang sama seperti sekarang atau bagaimana ?

    Kepada para Alumni FIK UI, kami menaruh hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas usaha dan kerja kerasnya selama ini, telah mengembangkan profesi keperawatan di berbagai lini terutama di institusi pendidikan FIK UI, hingga saat ini kami telah merasakan manfaatnya !

    Untuk Dekan FIK UI ibu Dewi Irawaty,PhD dan staf dosen, terimakasih atas perjuangan dan kegigihannya yang pantang menyerah mempertahankan eksistensi kampus FIK UI, karena “integritas perawat profesional Indonesia kedepan tercermin di kampus FIK UI tercinta ini”, kami mendukung sepenuhnya perjuangan ibu.

    Terimakasih !

  23. dinanovenda
    April 25, 2010 at 7:35 am

    wahh.. mohon dipertimbangkan.. perjuangan kami sebagai perawat tidak smudah membalikkan telapak tangan. terlebih untuk para petinggi2 perawat yang selama ini berjuang demi kesejahteraan perawat.
    kenapa tidak dibuat suatu hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme sesama profesi yang mana akan bersama-sama tergabung dalam lingkup RS UI ini?
    kita smua partner.. bukan pembantu.. kita bekerja sama bukan menjadi pesuruh..
    kita smua belajar inti ilmu yang sama…
    kenapa harus dibedakan?
    mohon pertimbangannya..
    siapa pun yang merendahkan orang lain, sesungguhnya dialah yang derajatnya paling rendah..
    tidak ada kata siapa yang berhak atau pun tidak berhak.
    kita sejalan loh..
    sama-sama berjuang demi kesehatan..
    sekali lagi, kenapa harus dibedakan??

    ayo berjuang para perawat..
    we never walk alone..
    semua untuk satu dan satu untuk smua!!

    hidup perawat!!!

  24. tojomeiji
    May 12, 2010 at 11:21 am

    kalau sampai FIK UI dipindahkan, saya jadi sangsi akan tercapainya kesetaraan antara dokter dan perawat yang selama ini perawat idam-idamkan,,, ini bukan hanya masalah tempat saja tapi sudah menyangkut harga diri perawat,,, bukan hanya keperawatan UI tapi seluruh keperawatan Indonesia bahkan dunia akan tersakiti,,,ayo kita berjuang, jangan sampai FIK direnggut oleh kesyirikan mereka.kita telah terdzolimi, tidak mungkin kita diam saja,,,sampai matipun kita harus berjuang,,,perjuangan tidak bisa sendiri tapi kita semua harus bersatu. seperti bersatunya Indonesia saat menghadapi penjajah,,,

  25. suci
    May 13, 2010 at 5:42 am

    ckckckkcckkk,,,
    ternyata ke-eksistensi-an FIK terus di uji smpe skrg,,
    bahkan da bbrapa pihak yg bgtu mengesampingkan FIK UI,,,
    sayaaa SANGAAAAAAAAATTT TIDAK SETUJUUUUUUU & SANGAAAAAAAATTT KECEWA ats usul dr bbrapa PIHAK yg menginginkan FIK UI bpindah dr
    tempat’a skrg berdiri,,
    tidak mudah untuk mbwt’a BERDIRI SEKOKOH INI !!
    pleaseeeeee,,
    hargailah UPAYA & JERIH PAYAH ALUMNI yg telah berusaha u/ mebwt profesi keperawatan di Indonesia smkin PROFESIONAL & DIHARGAI di mata dunia,,,

  26. herdliana
    May 14, 2010 at 12:25 pm

    assalamu’alaykum..

    saya sebagai mahasiswa FIK UI program reguler 2007 sangat tidak setuju dengan keputusan pemindahan gedung FIK.
    mungkin saya tidak merasakan seperti apa perjuangan para senior saya menggalang dana untuk menbangun gedung yang sekarang berdiri kokoh di Universitas Indonesia Depok, karena pihak UI “HANYA MENYEDIAKAN LAHAN”, tapi saya bisa merasakan betapa besar perjuangan itu hingga bisa menjadi gedung FIK UI yang berangsur-angsur dibangun sampai kokoh seperti sekarang.
    gedung yang telah terus dibangun untuk mencetak perawat-perawat profesional, dengan peluh keringat, sedih.. gembira.. semangat.. telah terlukis di gedung ini.. ingatlah.. dahulu FIK adalah program studi ilmu keperawatan dan berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran UI.. lalu dengan bahu menbahu kami merapatkan barisan perlahan membangun gedung FIK sehingga akhirnya menjadi sebuah fakultas.. berapa tahun kami berjuang menjadikan gedung sampai seperti sekarang??? berapa tahun FIK UI mengukir para profesional keperawatan di gedung ini?? bukalah mata hatimu wahai pak rektor.. TEGAKAN PAK.. TEGAKAH DENGAN MUDAHNYA MEMBERIKAN KEPUTUSAN UNTUK MEMINDAHKAN FIK DARI TEMPATNYA SEKARANG????? DAN DENGAN ALASAN SEPERTI ITU PAK… ,yang sekali lagi diingatkan bahwa FIK UI telah mengukir sejarah keperawatan di Indonesia. TIDAK ADAKAH ALASAN YANG LEBIH RASIONAL DARI ALASAN YANG TELAH DIKELUARKAN????

    tidakkah sebaiknya hal ini dibicarakan terlebih dahulu secara baik-baik bersama pihak-pihak terkait??? bukan hanya keputusan satu pihak, seperti hasil putusan saat ini.. tidakkah sebaiknya UI sebagai IBU dari Fakultas-fakultas di UI menjadi penengah bukan berpihak hanya pada satu pihak??? lalu pertanyaannya, sudahkah pihak UI mendengarkan suara-suara dari pihak FIK??? tidakkah SEHARUSNYA KAMI, fakultas-fakultas yang ada di UI, PUNYA HAK YANG SAMA??? BUKANKAN FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN ADALAH BAGIAN DARI UNIVERSITAS INDONESIA??? LALU MENGAPA SAMPAI ADA KEPUTUSAN SEPERTI INI??? APA YANG TERJADI SEBENARNYA???

    berbicara tentang profesi, dosen saya pernah berkata “profesi dokter dan perawat adalah profesi yang berbeda. jadi jangan pernah membanding-bandingkan profesi dokter dan perawat karena profesi ini adalah dua profesi yang berbeda”. yang ingin saya tanyakan, kenapa masih ada saja pihak yang merasa yang satu lebih tinggi, lebih pantas dari yang lain??? terlebih pihak yang sama-sama TERDIDIK dalam satu rumah (UI) yang sama. bukankah kita masih satu atap, yaitu kesehatan. memiliki tugas dan kewajiban tersendiri. sebagai sesama profesional bukankah seharusnya tidak ada lagi pikiran-pikiran seperti itu??? mengapa demikian????

    jika memang keputusan yang diambil demikian, kenapa tidak dicarikan lahan di UI, yang bisa menyandingkan FK UI dengan RS UI, jika memang merasa HANYA FK YANG PANTAS. kenapa harus MENGORBANKAN FIK??? YANG TELAH MEMBANGUN DIRI DENGAN PELUH KERINGAT, KERJA KERAS, DAN SEMANGATNYA!!! toh sudah dibangun (setengah jalan) akses untuk masuk UI dari margonda, jika pertimbangan pembangunan RS UI akan dibangun di samping FIK. jadi dengan dibangun di lahan lain pun, RS UI tetap mudah untuk diakses oleh masyarakat luar. toh selama ini, jalan di dalam kampus UI juga diakses masyarakat luar dan mudah-mudah saja, apalagi nanti akan ada akses baru… tambah mudah lagi bukan???

    terakhir.. untuk lucu-lucuan ajah.. FK adalah fakultas TERTUA di UI dan FIK adalah fakultas TERMUDA di UI. bukankah pada teori-teori, yang tua harusnya mengalah sama yang muda????

    saya berharap pihak UI bisa mempertimbangkan lagi keputusannya..
    dan mengeluarkan keputusan yang lebih bijaksana…

    untuk ibu dekanku tercinta..
    semangat bu..
    ibu tidak sendiri…
    kami bersama ibu…
    kaka-kaka, teman-teman, dan adik-adik FIK tercinta…
    ayo kita rapatkan barisan…
    semangaaattt ^_^,,

  27. rina s.
    May 15, 2010 at 7:10 am

    Assalamu’alaikum….
    masyaAlloh…cukup sakit hati mengetahui berita duka ini,,

    saya sebagai mahasiswi FIK UI angkatan 2007…SANGAT TIDAK SETUJU!
    adakah terbersit EMPATI atau PERTIMBANGAN dari pihak UI atau FK???
    seharusnya FK MALU,,jika memang tujuan mereka atas kepindahan atau penggusuran FIK,hanya demi KEPENTINGAN PRIBADI FK SEMATA yang ingin berdampingan dengan rumah sakit UI,dengan mengatakan FK YANG PANTAS BERSANDING DENGAN RS UI.
    sejujurnya mahasiswa FIK tidak pernah minta RS UI untuk dibangun disamping atau didekat bangunan FIK.
    sudahkan pihak FK bertanya pada pihak UI?mengapa RS UI akan dibangun disamping FIK???sedangkan masih banyak lahan lain.
    kalau memang FK ingin berdampingan dengan RS UI,silakan saja,tapi dengan catatan mempertimbangkan kepentingan sosial pula,bukan pribadi,sebagai mahasiswa bukankah diajarkan untuk menjunjung kepentingan sosial dibanding kepentingan pribadi,dengan tidak merugikan pihak manapun,disini FIK.
    silakan pikirkan cara terbaik, tanpa harus mengesampingkan orang lain.
    coba pikirkan dengan matang, tindakan yang akan dilakukan, dampaknya seperti apa ke depan, pihak yang terlibat, dll..
    kita satu naungan, yaitu UI,,,yang yakin sudah sama-sama bisa bersikap dewasa. jangan seperti anak kecil yang rebutan mainan.biarkan yang berwenang, rektor, yang memutuskan..
    semua bisa dibicarakan baik-baik dengan kepala dingin.

    innama’al usyri yusro…
    dibalik kesulitan pasti ada kemudahan…

    Alloh selalu bersama hamba-hambanya…

    perjuangan FIK belum berakhir…
    SEMANGAT SOBAT.
    “tembok penghalang didepan itu untuk dihancurkan”

    Wassalamu’alaikum,,

  28. ika puspitasari
    May 15, 2010 at 7:44 am

    Assalamu’alaikum

    Sebagai mahasiswa FIK angkatan 2007, saya merasa sedih sekali jika FIK UI yang sudah berdiri bertahun-tahun di lingkungan kampus ui Depok, terpisah dari FKUI, harus dipindahkan hanya karena statement bahwa yang berhak bersanding dengan RSUI adalah FKUI. Menurut saya pernyataan seperti itu tidaklah pantas diucapkan oleh seorang yang berpendidikan, terlebih lagi jika mengingat profesi dokter dan perawat yang bekerja di ruang lingkup rumah sakit. Seharusnya FIK juga pantas bersanding dengan RSUI, bukan hanya FK. Bukankah kita sebagai profesi yang bersama-sama bekerja di rumah sakit, melayani klien seharusnya saling mendukung satu sama lain? bukannya malah menjatuhkan.

    Sangat disayangkan jika FIKUI yang telah mencetak begitu banyak profesional di bidang keperawatan harus menyingkir begitu saja dari tempatnya yang sekarang. Apalgi jika diingat perjuangan para alumni yang rela menggalang dana untuk membangun kampus FIK. Miris rasanya setelah mengetahui bahwa pembangunan FIK bermodalkan uang alumni, bukan uang dari rektorat. FIK UI sebagai salah satu fakultas di UI juga berhak untuk memiliki lahan sebagai tempat melakukan aktivitas pendidikan. Ironis sekali memang.

    Sebaiknya dilakukan mediasi terlebih dulu dengan pihak terkait mengenai pemindahan FIK UI. Paling tidak pihak rektorat, FIK dan FK, serta tentunya pihak netral yang bisa menengahi berbicara bersama-sama untuk menyelesaikan polemik ini, karena sebenarnya, jika FKUI ingin bersanding dengan RSUI, FK dapat dibangun di dekat rumah sakit, tanpa harus mengorbankan FIK. Tentunya segala sesuatunya pasti akan lebih baik jika tidak ada salah satu pihak yang harus dikorbankan demi kepentingan golongan.

  29. Agus Setyawan
    June 3, 2010 at 4:41 pm

    Berita apa lagi ini?? FIKUI adalah barometer perkembangan dunia keperawatan Indonesia. UI harusnya bangga dengan predikat itu, karena secara langsung dan tidak langsung nama besar UI juga ikut terangkat! ………………….atau apakah hegemoni FK sebagai penguasa UI (doktrin OPSPEK 1991) menjadi terlecehkan kalau kampus FIK tetap berdiri ditempatnya dan FK harus mengalah? …………………………..harusnya mereka bilang tidak! karena dengan membiarkan kampus FIK tetap ada di sana justru akan menunjukkan jiwa besar petinggi2 FK dan UI yang selama ini dibangga2kan.

    Untuk Yth Dekanat dan para Dosen, maju terus, kami alumni akan mengawal bersama masalah ini. Kita gunakan pendekatan persuasif-terapeutik khas perawat. Karena keberhasilan atau kegagalan kita mempertahankan kampus tercinta bisa dijadikan indikator eksistensi kesejajaran profesi kita dengan profesi lain (khususnya FK). berhasil berarti kita sudah maju dalam membangun citra profesi dan kegagalan berarti kita tetap terkungkung dalam diskriminasi tenaga kesehatan. Bersatu FIK UI, Jaya perawat Indonesia.

  30. DN
    August 14, 2010 at 4:03 am

    assalamu’alaikum

    saya sebagai lulusan FIK UI sangat tidak setuju atas keputusan tersebut…Hai para petinggi2 rektorat baik rektor maupun pihak2 lain yang bersangkutan (FK), gunakanlah pikiran dan akal sehat kalian, adalah amat tidak logis memindahkan fakultas yang sudah berdiri atas hasil jerih payah pihak2 yang berada didalamnya hanya karena posisi yang ideal disamping calon rumah sakit yang akan dibangun tersebut adalah Fakultas Kedokteran…Hanya orang2 yang berpikiran sempit dan berotak dangkal saja yang memberikan alasan FIK tidak pantas berada di tempatnya sekarang karena akan ada calon rumah sakit tersebut…mari bersama kita perjuangkan kampus kita untuk tetap berada di kampus UI depok…HIDUP PERAWAT!!!
    untuk segenap ibu dekan, maupun wakil dekan FIK yang hingga saat ini berjuang untuk mempertahankan kampus FIK tercinta, doa kami bersama mu ibu…semoga ALLAH memberi balasan terhadap orang2 yang zalim….

  31. KD
    August 15, 2010 at 10:12 am

    sebagai mahasiswa FIK UI,,tentu saya sangat tidak setuju,,dan sangat menyayangkan jika hal tersebut sampai terjadi,,
    mengapa harus FIK UI yang dipindah,,mengapa tidak RS UI yang memang belum dibangun,,
    dari sisi materi jelas hal tersebut membutuhkan materi yang tidak sedikit,,sudah dibangun,,dihancurkan,,dan dibangun lagi,,tentu itu merupakan pemborosan materi,,

    apa tidak ada solusi lain?

  32. rona
    August 16, 2010 at 8:21 am

    pertama kali mendengar FIK UI akan dipindah, jujur reaksi saya sebagai mahasiswa hanya bereaksi datar karena saya pikir alasan kepindahannya karena letaknya yang tidak sejalur dengan fakultas lain. tetapi, ketika saya membaca artikel ini, yang ada di pikiran saya FIK UI tidak boleh dan tidak akan pindah kemanapun. lokasi yang sekarang adalah hak penuh FIK UI, terlebih jika alasan pemindahannya terkait dengan FIK UI tidak terlalu penting berada di dekat RS pendidikan. saya rasa hal tersebut sangat memprihatinkan. saya harap siapapun orang yang berwanang di dalamnya, dapat berpikir secara bijaksana agar dapat menghasilkan keputusan yang adil.

  33. August 26, 2010 at 10:57 am

    maaf sebelumnya…saya ikut merasakan kegalauan sejawat.
    PERTAHANKAN KAMPUS FIK UI !!!!!!!!!
    Biasanya statment pemindahan tersebut, sangat sarat dan kentallll politik… yah…. boleh dikatakan… Penjegalan Intelektual.Yth Profesi Kesehatan lain…Teposeliro-lah…. jangan merasa di atas angin… nti jatuh!!!
    Perawat adalah Profesi terbesar di dunia Kesehatan…..Pemerintah Daerah/Pusat harus tahu itu.Hidup Perawat!!!!

  34. lies wahyuni
    August 29, 2010 at 6:33 am

    MasyaAllah…sedih bener dengar berita ini. Masa sih, sampai sebegitu teganya..hanya dengan alasan akan dibangun RS UI, kampus FIK UI akan dipindahkan. Sebegitu gampang dan mau enaknya saja tinggal menempati bangunan baru yang susah payah diusahakan bersama civitas FIK UI. Kalau ingat dulu perjuangan mahasiswa FIK UI yang harus bolak-balik Salemba-Depok demi menuntut ilmu dan beradaptasi dengan kondisi depok, harusnya itu bisa dirasakan oleh profesi lain. Penuntut ilmu harus berjuang demi mendapatkan ilmu dan cita-citanya, mengapa profesi lain mau enaknya sendiri mencari kenyamanan dan tidak mau pusing berjuang. THAT’S NOT FAIR. Mau dikemanakan mahasiswa FIK kalau harus pindah dari FIK.
    Sebaiknya diskusikan secara kekeluargaan agar dapat ditemukan jalan terbaik, jangan langsung memindahkan FIK UI begitu saja. Dulu waktu di Salemba, FK dan FIK bisa share tempat kuliah..mengapa tidak dicoba saja..FIK share tempat dengan FK di depok asalkan tidak bentrok tempat dan waktunya dan tidak mengganggu sistem perkuliahan yang ada. Dan saya yakin tidak akan ada kendala bagi mahasiswa FK or dosen-dosennya untuk bolak-balik Salemba-Depok, toh masalah transportasi bagi para dokter tidak menjadi kendala, secara mereka sudah cukup memiliki sarana pribadi tersebut.
    Kerja sama bergandengan tangan demi tercapai cita-cita or visi bersama dalam melaksanakan tugas kemanusiaan/kesejahteraan/kesehatan masyarakat adalah lebih diutamakan daripada mementingkan diri sendiri ,merasa hebat dan menindas yang lain. Dzolim terhadap orang lain akan ada balasannya nanti. Wallahu a’lam.
    MAJU TERUS FIK UI….

  35. ardiwahyudi
    September 23, 2010 at 2:29 pm

    apapun alasannya sangat tidak setuju jika kampus FIK-Ui harus di pindahkan, apalagi yang diurus sama FIK adalah calon perawat professional yang melakukan aktivitas keperawatan ke pasien selama 24 jam. Jadi tidak ada alasan salah satu pihak mengklaim bahwa mereka lah yang penting karena kontribusi perawat dalam pelayanan rumah sakit sangat penting…jaa selalu FIK…

  36. ardiwahyudi
    September 23, 2010 at 2:30 pm

    apapun alasannya sangat tidak setuju jika kampus FIK-Ui harus di pindahkan, apalagi yang diurus sama FIK adalah calon perawat professional yang melakukan aktivitas keperawatan ke pasien selama 24 jam. Jadi tidak ada alasan salah satu pihak mengklaim bahwa mereka lah yang penting karena kontribusi perawat dalam pelayanan rumah sakit sangat penting…jaya selalu FIK…

  37. Destiana Puspasari
    October 7, 2010 at 12:04 pm

    Ass.
    Saya sebagai salah satu mahasiswa FIK UI yang saat ini masih aktif mengikuti perkuliahan di kampus FIK UI Depok tercinta, benar benar menyayangkan hal tersebut. Terlebih lagi untuk alasan yang sepertinya kurang masuk akal. Sebaiknya jika masalah ini dapat diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai keputusan yang bijak. Saya merasa hal bukti nyata perjuangan mendirikan kampus FIK UI Depok merupakan alasan yang sangat kuat untuk mempertahankan kampus kita tercinta. Kalau pun memang FK UI akan dipindahkan ke kampus UI Depok, alangkah baiknya jika FK melakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan oleh alumnus FIK UI, menggalang dana, dan membangun gedung sendiri tanpa harus menggusur gedung yang sudah memiliki sejarah perjuangan yang tidak kecil. Sangat disayangkan jika masih ada penggusuran di kawasan kampus Universitas Indonesia Depok yang sangat luas ini. terima kasih.
    Wass.

  38. October 21, 2010 at 2:25 pm

    Ass…Astaghfirullahalazim…….Kampus FIK mau dipindahkan dengan alasan mau dibangun RS UI ? pendapat yang sangat keliru, kenapa tidak terpikir bahwa rumah sakit tidak akan ada apa-apanya bila tanpa perawat yang profesional, hanya mengandalkan profesi lain ???????. Para pejabat rektorat UI pertimbangkan kembali hal ini, dan kami sangat berharap kampus tercinta dapat tetap berdiri kokoh. kampus UI masih sangat liuas, ayooo musyawarah kembali untuk mencari lahan yang strategis tanpa harus menggusur FIK!!!!!!!

  39. Melissa Ica
    November 19, 2010 at 11:20 am

    Baru denger kabar ini, dan SYOK!!!
    Ga seharusnya rekan sejawat berlaku tidak adil seperti itu. perbedaan dokter dengan perawat hanya legalitas menulis resep toh. banyak dokter yang lebih “kurang ilmu dan pengalaman” dibandingkan dengan perawat.
    EGOIS SEKALI YA…. Dikasih berapa sih supaya FIK UI harus digusur???
    bertahan!!! mohon diberikan update terbaru berita ini ya. makasih

  40. Rian
    March 8, 2011 at 4:40 am

    Rumah sakitnya kan yang belum dibangun, kenapa gak rumah sakitnya saja yang dibangun dekat FK UI salemba sana? daripada harus memindahkan FIK UI yang sudah jelas2 ada berdiri di kampus depok. apalagi itukan dana bangun FIKnya dari alumni ya? sayang sekali kalau menurut saya.

  41. HAMBA ALLAH
    August 3, 2012 at 12:38 am

    Asslmlkm wr.wb, Saya slaku orang awam mrsa prihatin bila pihak rektor mersa FK jd lbh pnting brada d smping RSUI nantinya krn pd knyantaannya perawat jg tdk klah pnting pran sertanya dlm bdang ksehatn bahkan kdang pasien mrsa lbh dkat k prawat d bnding dokter yg terksan jual mhal ….

  42. Bayu
    September 3, 2012 at 3:21 am

    Dimana2 FK tu selalu angkuh dan sombong, mentang2 mereka dari kalangan orang kaya semua. Seenaknya saja memperlakukan FIK padahal kan kita sama, satu tujuan, satu bidang yaitu kesehatan. Meskipun saya bukan anak FIK saya sangat tidak setuju jika FIK harus dipindahkan hanya karena alasan klasik itu.

  43. Ahmad Ali Fahmi
    September 13, 2012 at 3:48 am

    Lowongan untuk Perawat Umum dan Gigi

    Jaringan Klinik Pratama KF-Primkop IDI, yang merupakan kerjasama antara PT. Kimia Farma Apotek dan Primkop IDI, membutuhkan banyak perawat Klinik Umum dan Gigi di Jaringan Klinik Pratama KF-Primkop IDI. Lokasi-lokasi yang dibutuhkan adalah :
    Pasar Minggu
    Radio Dalam
    Blok M
    Depok – Siliwangi
    Pos Pengumben
    Tanjung Duren
    Ciputat
    Kemayoran (Jl. Garuda)
    Pondok Bambu
    Galaxy Bekasi
    Kriteria yang diinginkan untuk perawawt tersebut antara lain :
    Perawat Klinik Umum: a) wajib memiliki sertifikasi pelatihan PPGD/GLS . b) bisa mengoperasikan alat EKG. Sangat disukai juga memiliki sertifikasi lainnya.
    Perawat Klinik Gigi : Memiliki ketrampilan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan yang masih berlaku.

    Bagi anda yang berminat, bisa mengirimkan email lamaran + CV disertai foto (sebelum 1 Okt 2012) :
    Ahmad Ali Fahmi
    PT. Kimia Farma Apotek, Bagian Klinik
    Jl. Budi Utomo No.1, Jakarta Pusat

    atau melalui email : swarakomunika@yahoo.co.id

    Salam,
    Fahmi
    Primkop IDI

  44. marsito
    November 27, 2012 at 6:19 am

    saya sebagai alumni FIK ui sangat sangat tidak setuju apalagi pembangunan gedung FIK UI itu dari alumni itu sendiri, hal ini sangatlah disayangkan mengapa gedung yang telah di bangun dengan sendirinya akan di pindah, hal ini jelas jelas melukai dari alumni FIK ui

  45. ichaa
    January 30, 2013 at 1:35 pm

    saya sngat tidak setuju, dengan alasan tersebut, perawat yang selalu stand by di dpan pasien lalu dokter hanya 5 menit, kenapa harus dipindahkan, sangat disayangkan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: