Home > Uncategorized > REFLEKSI KUNJUNGAN KE LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) WANITA

REFLEKSI KUNJUNGAN KE LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) WANITA

Tangerang , Senin 11 Mei 2009 merupakan hari yang bersejarah buat saya karena pada hari itu saya mengunjungi sebuah tempat yang di masyarakat disebut sebagai “penjara” atau lebih tepatnya disebut sebagai lembaga pemasyarakatan (LP), namun kali ini tidak seperti kebanyakan  LP yang akan kami kunjungi adalah LP khusus wanita. Cukup kesulitan saya menuju ke lokasi LP walaupun saya tinggal di wilayah Tangerang dan sempat salah atau “nyasar“ ke LP anak-anak. Ternyata tempatnya lumayan jauh, saat pertama saya menginjakkan kaki di LP terbayang di benak saya bahwa saya akan bertemu dengan para nara pidana yang brutal dan jahat, saat diterima diruang pertemuan kami digabung bersama perwakilan nara pidana. Selama acara penerimaan saya perhatikan para nara pidana berprilaku yang sangat baik, mereka menyimak dan memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan.

Interaksi rekan-rekan mahasiswa dilakukan setelah kegiatan penerimaan dilakukan dan dalam interaksi ini saya bersama dua teman tim saya berinteraksi dengan nara pidana yang bernama Ny. Yeni berusian 32 tahun, dalam interaksi ini kami melakukan pendekatan untuk membina kepercayaan antara kami, Alhamdulillah tidak ada hambatan dalam berinteraksi banyak yang dapat kami dapatkan dari Ny Yeni ini tentang keterlibatannya dalam penggunaan obat-obat terlarang dan Ny Yeni ini menggunakan obat terlarang jenis sabu-sabu selama dua tahun, beliau menggunakan obat terlarang karena baliau merasa kesepian sering ditinggal suami bekerja keluar negeri meskipun Ny Yeni sudah memiliki seorang anak, beliau melakukan bersama teman-temannya.

Selama tinggal di LP Ny Yeni merasa kesepian sama seperti yang dirasakan oleh NY.Yeni saat menggunakan obat-obatan namun karena kegiatan yang ada di LP sangat padat dan bermanfaat Ny.Yeni dapat melalui suasana menjadi lebih berarti dalam hidupnya, kegiatan yang ada di LP ada kegiatan keterampilan diantaranya adalah menjahit, menyulam, salon kecantikan , memasak dan lain-lain. Ny.Yeni selama di LP selalu memikirkan anaknya dan selalu ingin bertemu dan Ny.Yeni menyadari serta menyesali apa yang sudah dialaminya, Ny.Yeni bertekad nanti setelah bebas ia akan mengisi waktunya dengan hal-hal yang bermanfaat dan akan mencurahkan perhatiannya kepada anak yang ia cintai serta suaminya, dan Ny.Yeni bersyukur karena keluarga dan suaminya selalu mendukung dan memberikan semangat kepada Ny.Yeni untuk sabar dan selalu berdoa.

Kami tim sangat salut dengan ketegaran Ny.Yeni dan kami memberikan dorongan semangat untuk selalu mengisi waktu dan senantiasa berfikir positif terhadap lingkungan yang mungkin akan memberikan komentar tentang dirinya dan bagaimana cara menghadapi lingkungan yang kurang bersahabat tentang para narapidana dengan cara berprilaku baik dan berguna bagi masyarakat dan selalu berfikir positif dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Diluar dugaan kami Ny. Yeni akhirnya percaya kepada kami untuk mengungkapkan tentang kegiatan yang yang pernah direncanakan selama ia berada di dalam LP yaitu percobaannya untuk bunuh diri dan urung dilakukan karena ia ingat dengan anaknya dan Ny.Yeni pun meminta pendapat tim tentang masalah yang sedang ia hadapi yaitu rencana suami untuk pindah rumah jauh dari tempat tinggal keluarganya yang sekarang serta masalah hukum yang sedang dihadapinya, kami tim berusaha memberika masukan dan saran kepada beliau yang dapat dijadikan bahan pertimbangannya dalam mengambil keputusan bersama suami, tim juga menganjurkan kepada Ny.Yeni untuk senantiasa menjalin komunikasi dengan keluarga terutama suami.

Pertemuan dengan para nara pidana di LP Wanita tangerang diakhiri dengan survey ke lapangan namun tidak sampai ke unit-unit karena dihari itu banyak sekali kesibukan para petugas LP.

Makna yang ada dibalik jeruji, tidak semua sisi negatif seorang napi merupakan wajah kehidupan mereka namun lingkungan dan keluarga merupakan faktor utama dalam membentuk kepribadian sesorang.

Categories: Uncategorized
  1. February 16, 2012 at 3:43 am

    kapan ada konfrensim lagi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: