Home > Uncategorized > UJI KOMPETENSI NASIONAL PERAWAT INDONESIA DITERAPKAN DI DKI JAKARTA

UJI KOMPETENSI NASIONAL PERAWAT INDONESIA DITERAPKAN DI DKI JAKARTA

Program uji kompetensi nasional bagi tenaga profesi perawat akan segera di berlakukan, Komite Nasional Uji Kompetensi Perawat (KNUKP) pusat segera melaksanakan uji kompetensi di beberapa daerah, diantaranya di propinsi DKI Jakarta. Pelaksanaan uji kompetensi ini bertujuan agar seluruh perawat yang ada di negeri ini dapat teregistrasi dan nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai perawat yang teregistrasi.

Pelaksanaan uji kompetensi nasional di wilayah propinsi DKI Jakarta akan dilakukan secara bertahap, pada tahap pertama uji kompetensi akan diadakan pada tanggal 25 April 2010 dengan ketentuan :

  1. Pendidikan minimal DIII Keperawatan,
  2. bagi yang berpedidikan S1 keperawatan berlatar belakang pendidikan SMA dan belum menyelesaikan program profesi (Ners) belum bisa mengikuti uji kompetensi
  3. bagi yang berpedidikan S1 keperawatan berlatar belakang DIII Keperawatan dan belum menyelesaikan program profesi (Ners)yang diakui adalah DIII Keperawatannya
  4. Biaya Uji kompetensi sebesar Rp.150.000 perorang
  5. Lokasi  uji kompetensi TAHAP I dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi DKI Jakarta, Jl. Rasuna Said Jakarta Selatan ( Dekat pasar Pestifal Kuningan)

Bagi rekan- rekan perawat yang ingin mengikuti uji kompetensi nasional dapat mendaftarkan diri kepada panitia uji kompetensi nasional wilayah propinsi DKI Jakarta no telp 0815 946 6044 (Bapak Didin Saefudin).

Bagi perawat yang mendaftar namun tidak dapat mengikuti uji pada tanggal 25 April 2010 akan dijadwalkan pada uji kompetensi tahap berikutnya.

Untuk melihat ketentuan pendaftaran dan Ingin latihan mengerjakan soal uji kompetensi ? silahkankan download disini

About these ads
Categories: Uncategorized
  1. muhlis
    April 15, 2010 at 11:20 am | #1

    saya adalah salah satu perawat yg bekerja di salahsatu rs perusahaan swasta, kami telah menerapkan uji kompetensi perawat sejak 2008, yang mana asesornya telah lulus sbgai asesor mengacu pada standar australia. apakah asesor kami bisa bergabung sebagai asesor PPNI Pusat ? sehingga bisa melakukan asesment di daerah masing2? dan bagaiman dgn standard kompetensi yg telah terstandarisasi di RS kami, apakah dapat dinyatakan valid oleh PPNI? atau adakah upaya-upaya lain yg harus kami tempuh. Mohon infonya.

    muhlis Katili

    • May 10, 2010 at 3:32 am | #2

      terimaksih rekan Muchlis, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Komite Nasional Uji Kompetensi Perawat (KNUKP) Pusat PPNI, dengan bapak Masfuri, SKp., MN di 0813 1896 5892.

  2. dedy ahmad s
    April 16, 2010 at 2:08 am | #3

    Assalamualaikum, selamat untuk wilayah DKI yang akan melaksanakan uji kompetensi. kita yang di daerah yang masih terhitung tetangga dekat masih belum tahu kapan bisa melaksanakan uji kompetensi perawat. kalau mau uji nasional bagaimana caranya mas> saya tugas di RSUD Gunungjati Cirebon, mempunyai tenaga perawat sebanyak 340 perawat kalau pengujinya disuruh ke cirebon biayanya berapa?? dari PPNI jabar saya tidak mempunyai informasi. makasih. Wassalam

    • May 10, 2010 at 3:34 am | #4

      Saya anjurkan saudara Dedy menghubungi pengurus PPNI di wilayah Cirebon atau Ketua PPNI Jawa Barat, trims

  3. Nurhaida Simarmata
    May 6, 2010 at 12:04 pm | #5

    Apakah bisa mengikuti uji kompetensi perawat secara pribadi (tidak melalui institusi tempat bekerja )?

    • May 10, 2010 at 3:35 am | #6

      Bisa, silahkan hubungi pengurus PPNI diwilayah saudara, trims

    • hayatun nufus
      April 2, 2011 at 5:33 am | #7

      apakah bisa mengikuti uji kompetensi perawat secara pribadi (tidak melalui institusi tempat bekerja) kpn uji kompetensi diadakan lg

      • April 9, 2011 at 10:30 pm | #8

        Sangat bisa, untuk uji kompetensi gelombang berikutnya akan diadakan pada tanggal 23 April 2011 dan sekaligus gelombang berikutnya pada tanggal 24 April 2011, buruan….daftarkan diri dan informasikan keteman anda.

  4. Naomi HS
    May 9, 2010 at 2:17 pm | #9

    Saya sangat setuju dengan adanya uji kompetensi ini, sehingga perawat akan semakin diakui keberadaannya. Yang ingin saya tanyakan, untuk menjadi seorang asesor, adakah ketentuannya, kalau ada dimana bisa mendapat informasinya ? Terimakasih,,

    • May 10, 2010 at 3:37 am | #10

      Terimakasih saudara Naomi, untuk menjadi Assesor perawat tentu ada persyaratannya dan untuk lebih lengkapnya rekan Naomi dapat menghubungi KNUKP PPNI, trims

  5. ZULKIFLI
    June 2, 2010 at 3:16 am | #11

    APA KEUNTUNGAN PERAWAT YANG SUDAH LULUS UJI KOMPETENSI DAN APA KERUGIAN BAGI YANG TIDAK MENGIKUTI UJI KOMPETENSI MOHON PENJELASAN

  6. Zuheri
    June 2, 2010 at 8:14 am | #12

    Dear Admin.

    Gimana Dengan Aceh, Kapan rencana datang ke Aceh Untuk Melaksanakan Uji Kompetensi Ini, Setelah Menyelesaikan Uji Apa Ada Gelar Atau Sertifikat atau Langsung Diberikan STR ?

    Trim’s
    Zuheri

  7. Oktarizal, S.Pd
    June 4, 2010 at 3:26 pm | #13

    nadengan perawat yg tmat spk, gak adil tuh. sama2 abdi negara. mau di
    apakan?

  8. June 13, 2010 at 10:01 am | #14

    DENGAN UJI KOMPETENSI DIHARAPAKN PERAWAT2 DIINDONESIA MULAI TERLINDUNGI KEPROFESIAN NYA,BAGAIMANA BAGI KAMI DIPROPINSI BANGKA BELITUNG?KALAU MAU UJI KOMPETENSI APAKAH HARUS KE JAKARTA?ATAU TIM PENGUJI BISA DATANG KEDAERAH-2?TERIMA KASIH

  9. Happy Dohita
    July 17, 2010 at 2:15 pm | #15

    Kapan uji kompetensi dilaksanakan di Riau? Semoga dengan adanya uji kompetensi perawat Indonesia lebih maju

  10. August 13, 2010 at 4:00 pm | #16

    Saya gembira mendengar ada uji kompetensi bagi perawat, yang ingin saya ketahui apakah yang telah lulus uji kompetensi dan memiliki sertifikat nantinya mendapat tunjangan sertifikasi perawat? terima kasih informasinya

  11. August 26, 2010 at 11:24 am | #17

    saya bangga sebagai PERAWAT !!! Pelaksanaan Uji Kompetensi saya dukung penuh.
    yang saya ingin ketahui lebih lanjut yaitu: sebagai seorang PNS Ners di RSUD Menggala, LAMPUNG yang bertugas sehari-hari di Unit HEMODIALISA, saya telah Mengikuti Pelatihan Hemodialisis selama 3 bulan dimana sertifikatnya diakui Oleh PP PERNEFRI.kalau saya mengikuti uji kompetensi, apakah sertifikatnya dapat mengkatkan Tunjangan Kepegawaian seperti pada profesi GURU???mohon penjelasan lebih lanjut. Trimakasih.

  12. martha simamora
    September 18, 2010 at 9:15 am | #18

    bener gak kalo uji kompetensi itu,,,,bisa juga diadakan di institusi setelah selesai melakukuan ujian akhir bagi mahasiswa D III keperawatan????

  13. Nurlia
    September 22, 2010 at 1:04 pm | #19

    umtuk uji kompetensi tahap selanjutnya kapan ya?
    Dan untuk pelatihan EKG kapan lagi ya adanya?

  14. wida
    October 21, 2010 at 11:15 am | #20

    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan tentang uji kompetensi ini. mohon maaf karena saya mencari di we-web tapi info sangat terbatas. Dulu waktu saya lulus belum ada uji kompetensi untuk mendapatkan SIP.
    1. Apakah pelaksanaan ujian ini bisa setiap saat tergantung permintaan institusi yang ingin diuji? saya pikir pelaksanaan serempak secara nasional dengan beberapa gelombang pelaksanaan.
    2. Untuk ujian apakah hanya terdiri dari ujian tulis? saya pernah mendengar ada ujian praktik jg yg terdiri dr 10 skill spt RJP, pemberian obat, pemasangan iv line, partus,rawat luka, kateterisasi, NGT, dll.
    3. Standar kelulusan bagaimana ya?
    3. Uji kompetensi ini diterapkan bagi mahasiswa yang baru lulus dr pendidikan keperawatan untuk mendapat SIP sebagai syarat praktek di Rumah Sakit, klinik dll?
    4. Sejak kapan uji kompetensi ini diselenggarakan di Indonesia? di daerah mana di awali?
    Terima kasih, saya sangat menantikan jawaban dr saudara.

  15. acep
    December 11, 2010 at 4:00 pm | #21

    di kab bogor kq biayanya Rp 300.000,00 ya???
    Apa memang beda di tiap daerah????

  16. January 13, 2011 at 3:29 am | #22

    kok kemaren saya ikut ujian kompetensi di KAB bogor bayar nya Rp.300.000,- sebenar nya biaya yg benar itu brapa???dan klo tidak lulus memang nya harus bayar Rp.300.000,- lagii yaa??? apa si keuntungan dari Ujian kompentensi ini???? MOHON DI TANGGAPI KOMENTAR ORANG KECIL SEPERTI SAYA DANA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KERJA SAMA NYA

  17. makroof
    February 28, 2011 at 9:11 am | #23

    kapan lagi ada uji kompetensi keperwatan di jawa timur

  18. aroel ners
    March 7, 2011 at 9:55 am | #24

    di prov. Aceh kapan di adakan ujian kompetensi….?????
    trims…..

  19. March 11, 2011 at 5:16 am | #25

    mohon di beri peraturan pemerintah mengenai keperawatan

  20. fatmah
    April 6, 2011 at 3:32 am | #27

    kapan pengumuman uji kompe tensi tgl 19 maret 2011 ?

    • April 9, 2011 at 10:29 pm | #28

      Menurut informasi yang diterima, baru akan diumumkan bila sertifikat kompeten sudah ada bagi yang dinyatakan lulus

    • nisa
      January 19, 2013 at 10:16 am | #29

      yang taun 2011 aja gak jelas pengumumannya, untuk apa lg di buat uji kompetensi.

  21. June 13, 2011 at 2:46 am | #30

    maaf ya saya mahasiswa dari suatu instansi mau menanyakan tentang tempat uji kompetensi dimedan,kira-kira tempatnya dimana ya?terima kasih ya.

  22. enny w
    August 4, 2011 at 3:16 am | #31

    kapan lagi uji kompetensi diadakan ? keuntungannya bagi kami yang diswasta apa/

  23. fuas
    November 23, 2011 at 6:28 am | #32

    SOP (standard operasional prosedur) dapat dijadikan alat ukur kompetensi perawat gk….?
    mohon jawabanya.
    kalo ada dengan teorinya skalian…
    trimakasih…

  24. November 28, 2011 at 5:59 am | #33

    Gimana caranya untuk mengikuti uji kompetensi, karena baru kali ini saya mendengar ada uji kompetensi untuk perawat, karena di kalimantan sulit mendapatkan informasi apalagi saya bertugas di puskesmas terpencil

  25. January 10, 2012 at 2:21 am | #34

    bagaimana crnya untuk mengikuti uju kompetensi agar kita lulus.
    trimakasih….

  26. ekuan bengkulu
    January 12, 2012 at 5:20 am | #35

    tlg dong perjuangkan nasip perawat indonesia biar dpt tunjangan spt guru,perawat tak kala penting dibanding guru,guru ja tak bisa ngajar kalau dia sakit………………………………..

  27. budi p
    January 25, 2012 at 11:48 pm | #36

    sebenarnya uji kompetensi bagi perawat itu tidak perlu jika setiap institusi pendidikan terakriditasi dengan benar (tidak ada kasus suap), apalagi bagi perawat yang usianya 50 Th keatas gara gara sipnya mati harus ikut uji lagi. yang benar adalah ijian akhir perawat diadakan seperti unas keperawatan itu baru mencetak perawat yang hadal bukan institusi pendidikan mencari duwit melulu

  28. dani mardaini
    February 15, 2012 at 4:41 am | #37

    tolong saya dijelaskan, apakah sarjana keperawatan tanpa ners bisa berkerja? kalo iya, bgmana ya?

  29. February 27, 2012 at 10:19 am | #38

    saya senang bisa menemukan link ini.
    saya merupakan mahasiswa keperawatan, saya ingin bertanya model ujian kompetensi itu seperti apa ya..? dan adakah standart nilai minimal untuk kelulusan uji kompetensi tersebut? kalau ada, berapa? terimakasih..

  30. siprianus
    March 10, 2012 at 10:40 am | #39

    Mengapa RUUK sulit jadi UUK?

  31. devita poltekkes kemenkes palembang jur keperwtan
    March 30, 2012 at 5:05 am | #40

    palembang mnyusul…. juli 2012 mndatg…..
    mhon berbagi informasi ……

  32. April 6, 2012 at 1:12 pm | #41

    goood , lumayan buat tambahan2 buat latihan soal :D

  33. April 12, 2012 at 10:53 am | #42

    apa kah bisa contoh soalnya ditunjukan lebih banyak…trims

  34. henrik
    October 10, 2012 at 9:17 am | #43

    salam perjuangan buat PPNI>…btw bagaimana cara mendpatkan STR perawat yang benar> soalnya aku udh ke kantor PPNI jakarta pusat dan sudah daftar tapi sampai sekarang aku koq blm dapat2 STR. waktu itu sih kata petugas PPNI Jakpus nanti bapak dititip aja atas nama PPNI Jakpus gt> tolonglah aku dibantu ya<<<<< makasih

  35. nisa
    January 19, 2013 at 10:14 am | #44

    udah kuliah mahal pake acara dipersulit lagi!!

  36. ita
    May 18, 2013 at 5:40 pm | #45

    Apa gak bsa uji kompetensi ditiadakan lg…….
    dan apabila hrs dilaksanakan
    tolong donk dipermudah….

  37. wit
    June 12, 2013 at 7:08 am | #46

    kapan str rs yadika jadinya pak

  38. selamat maulana
    November 20, 2013 at 7:28 am | #47

    selamat siang
    hasil ui kompetensi bagi DKI Jakarta apakah sudah keuar ?
    bisa dilihat di web apa yah ?
    terimakasih

  39. dessy
    December 8, 2013 at 4:00 pm | #48

    saya seorang mahasiswa PSIK di sebuah universitas, bagaimana mengenai uji kompetensi yang di buat ini ? apakah perawat bisa melewati tes ini ?

  40. Rizky Akhyadi
    February 7, 2014 at 12:57 am | #49

    Apakah bisa kami-kami yang ikut Uji Kompetensi ini diberikan pelajaran khusus sebelum pelaksanaan Try Out maupun Hari H pelaksanaan UJi Kompetensi sebenarnya.

  41. March 1, 2014 at 4:25 pm | #50

    LATIHAN SOAL UJIKOM KEPERAWATAN

  1. May 11, 2010 at 3:54 am | #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 53 other followers

%d bloggers like this: