Home > Uncategorized > KONFERENSI NASIONAL PROMOSI KESEHATAN KE-5 DEPARTEMEN KESEHATAN RI

KONFERENSI NASIONAL PROMOSI KESEHATAN KE-5 DEPARTEMEN KESEHATAN RI

Hotel Horison Bandung, Minggu 22 November 2009

Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Perkumpulan Pendidikan Promosi Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) mulai hari Minggu ini, tanggal 22 s/d Rabu, 25 November 2009, menyelenggarakan Konferensi Nasional Promosi Kesehatan ke-5 (lima) di Hotel Horison Bandung. Konferensi kai ini dlaksanakan dua bulan setelah berlangsngnya konferensi sejenis tingkat dunia, Global Conference on Health Promotion ke 7 di Nairobi yang menghasilkan “Nairobi Call for Action”.

Adapun tema Konferensi Nasional (Konferensi Nasional Promosi Kesehatan) ke-5 (lima) adalah “Indonesia Sehat Berbasis Perilaku“ dengan sub tema “Aliansi Strategis Pembudayaan Gaya Hidup Sehat”.

Tujuan utama dari terlenggaranya Konas ke 5 ini, yaitu memantapkan tanggung jawab dan kemitraan multi sektor dalam Promosi Kesehatan (Promkes) sehingga penyelenggaraan pembangunan kesehatan menerapkan paradigma sehat dan lebih menekankan pada peningkatan kesehatan bangsa yang bersifat pro-aktif dan pro-rakyat dengan perhatian kepada masyarakat kurang mampu atau kelompok rentan.

Konfeensi Nasional ini sekaligus merupakan wahana silaturahim, introspeksi, dan tukar menukar informasi tentang hasil riset, kebijakan, aksi dilapangan, terobosan-terobosan inovatif para pelaksana, akademisi, praktisi dan pemerhati promkes, dan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan pemotivasi peningkatan promkes di masing-masing daerah, wilayah kerja, atau pemukiman kesehatan.

Konferensi 3 (tiga) tahunan ke 5 diikuti oleh kurang lebih 1000 orang peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan seluruh Indonesia, anggota PPKMI, Profesi, Akademisi, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Mahasiswa/i, Ormas, LSM, dan wakil-wakil  Lintas Program dan Lintas Sektor..

Pembicara utama Konas ke 5 ini berasal dari berbagai unsur pemerintah, perguruan tinggi dan praktisi kesehatan, yang profesional, kompeten, handal, dan menjadi pakar di bidangnya masing-masing, antara lain seperti : Menteri Kesehatan (Menkes RI) sebagai Keynote-Speaker; DR. Arum Atmawikarta (Direktur Kesehatan dan Gizi Bappenas); Prof. Ascobat Gani, MPH (Pakar Ekonomi Kesehatan); Prof. Azrul Azwar, MPH; Prof. Soekidjo Notoatmodjo, M.ComH; Drs. M. Ridwan Hasan, MMC (Communication For Development Specialist UNICEF) dan lain-lain.

Pembukaan Konferensi Nasional ke-5 ini akan diawali dengan acara makan malam selamat datang (welcoming dinner), dibuka oleh Menteri Kesehatan RI yang sekaligus sebagai pembicara kunci (key note speaker), sambutan Gubernur Propinsi Jawa Barat dan Perwakilan WHO. Pada kesempatan pembukaan ini apresiasi kepada 8 (delapan) orang Pembina terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tatanan Rumah Tangga. Menteri Kesehatan, jga berkenan meluncurkan dua buku tentan promosi kesehatan, yaitu  “Perkembangan dan Tantangan Masa Depan Promosi Kesehatan di Indonesia: dari Propaganda sampai Promosi Kesehatan” dan

“Promosi Kesehatan, Komitmen Global Dari Ottawa-Jakarta-Nairobi Menuju Rakyat Sehat” juga diluncurkan

Pada hari kedua dan ketiga, para narasumber akan menyajikan materi melalui 5 (lima) sidang pleno sesuai sub tema,  3 (tiga) diskusi interaktif dan sidang paralel. Sidang pleno merupakan wahana dskusi tentang sub-tema konferensi. Pada sidang paralel, pakar, ilmuwan, peneliti, praktisi, maupun pemerhati menyajikan topik-topik terkait dengan isu-isu dan penyelesaian permasalahan Promkes terkini. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk dapat menyajikan makalahnya dalam bentuk poster. Sedagkan Penanggung Jawab Promosi Kesehatan Provinsi atau Kabupaten/Kota serta PPPKMI dapat unjuk prestasi dan kreasi dalam melalui pameran.

Dalam kesempatan Konas ini. organisasi profesi PPPKMI juga menyelenggarakan Musywarah Nasional (MUNAS) yang akan menusun rencana kerja dan pengurus periode 2009-2012. Munas PPKMI ini sekaligus sabagai wahana untuk memberikan informasi tenang profesi dan organisasi kepada anggota/calon anggota yang memerlukan. PPPKMI menyemarakkan Konferensi Nasional dengan menyelenggarakan pameran dan bazaar buku terkait dengan promosi kesehatan.

Kegiatan pendukung Konferensi Nasional meliputi kegiatan inovatif dalam pembudayaan hidup sehat, Bandung night, senam pagi, bazaar buku dan demo, media center, dan pojok info bagi kelompok profesi.

Konferensi Nasional akan ditutup pada hari keempat Rabu 25 November 2009, dengan acara pemberian apresiasi dari PPPKMI kepada 7 (tujuh) orang yang berjasa dalam bidang Pronkes, dilanjutkan ikrar kebulatan tekad memantapkan komitmen dan dukungan multi sektor dalam mewujudkan Indonesia Sehat Berbasis Perilaku.

Hasil Konferensi Nasional dirumuskan oleh Panitia Pengaah melalui proses proses rapat harian agar sesuai dengan tema dan tujuan yan diharapkan. Laporan hasil Konferensi Promosi Kesehatan Nasional Kelima akan disusun oleh Panitia dalam Prosiding, agar dapat dioptimalkan sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah dalam Program Promosi Kesehatan di Indonesia kedepan.

Bandung, 22 November 2009

ttd

Panitia Konas Promkes ke-5

Departemen Kesehatan RI

About these ads
Categories: Uncategorized
  1. fifi
    March 5, 2012 at 8:16 am

    salam kenal,

    Saya fifi marketing dari percetakan AGS ( Aksara Grafika Surabaya) salah satu group dari bisnis Indonesia

    Demikian surat perkenalan ini disampaikan atas perhatian dan kerja samanya yang baik kami mengucapkan terima kasih.

    untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi fifi di 08123221753 / 031/70798753

    rgds

    fifi

  2. Beno
    March 10, 2013 at 1:54 pm

    Prevensi,kurasi &promosi kesehatan, nampakny tlah GAGAL.
    Hal tsb mudah dilihat dari data2 kegagalan yg dialami Menkes Endang Rahayu S, tokoh inter/national dari kalangan pejabat,artis, juga kalangan elit berduit, yg mana mereka tetap terserang masalah/penyakit degenerasi seperti stroke, diabet, kanker,gagal ginjal/jantung dst.
    Kegagalan konsep sehat -baik WHO maupun Depkes RI- disebabkan oleh kekeliruan menyikapi peran mikroba di alam kehidupan.
    Kekeliruan sikap tsb a.l:
    1. Mikroba dianggap ada yg bersifat patogen.
    Padahal, smua mikroba punya fungsi msg2 sbg pengurai sampah, baik yg di luar tubuh maupun yg di dlm tubuh manusia ataupun makhluq hidup lainnya.
    2. Penyebab terjadinya infeksi adalah krn masuknya mikroba ke dlm tubuh.
    Padahal, mikroba takkan masuk tubuh bila tidk diundang oleh kondisi tubuh yg telah menyediakan jenis sampah/toxin tnt yg disukai mikroba tsb.
    3. Ktika mikroba tlah berada dlm tubuh, dilakukan pembunuhan mikroba dg menggunakan anti biotik.
    Padahal yg BENAR adlah dg cara membuang sampah makanan mikroba tsb dari dlm tubuh, shg mikroba tdk mempunyai makanan, yg selanjutnya mikroba akan mati dg sendirinya.
    4. Anggapan bhw toxin/degenerator -seolah olah- hanya berasal dari rokok,polutan industri, bahan tambahan makanan/minuman semisal pewarna textil, pengawet -formalin dys-,penggurih,pengempal dsb. Tidak disadari bhw toxin juga berasal dari nasi,vetsin,gula2: pasir/batu/merah/jawa,garam beryodium kimiawi,susu formulasi,mie instan dys.
    5.Tidak diketahuinya perbedaan efek biologis thd organ tubuh, antara air tebu dg gula pasir, beras kencur dg nasi, lalaban dg sayuran, susu/telor/daging yg mentah dg yg dimasak.
    6.Phobia thd mikroba pd bahan makanan/minuman mentah, shg persyaratan utk konsumsi makanan/minuman harus dimasak lebih dahulu; baik air,sayuran,susu,telor maupun daging.
    7.Tidak disadari/diperhitungkannya efek perusakan nutrisi makanan/minuman selah dimasak/dipanaskan. Bhw stelah dimasak, makanan akan menyisakan sampah dlm tubuh, yg tdk terekskresi olh makanan masak.
    Bila konsep sehat tdk diralat dari 7 poin kekeliruan diatas, mk berapapun; biaya dikeluarkan, simposiun/seminar diselenggarakan, mk langkah2 program penyehatan masyarakat takkan tercapai. Umur harapan hidup takkan lbih dari 60 thn.
    Prevensi,kurasi n promosi thd penyakit degeneratif takkan sukses dilakukan.
    Beno, promotor kesehatan Puskesmas Kec.Sumberjaya,Majalengka,Jabar.
    08 5353 78 0909
    08 5659 78 7474.

  3. August 7, 2013 at 4:32 am

    Nice post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon on a daily basis.
    It’s always exciting to read through content from other authors and use a little something from other websites.

  1. April 15, 2010 at 5:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 54 other followers

%d bloggers like this: